Home Artikel Kajian Tsalatsatul Ushul (6) : Tanda Bahwa Allah Adalah Rabb Alam Semesta

Tsalatsatul Ushul (6) : Tanda Bahwa Allah Adalah Rabb Alam Semesta

46
0
SHARE

Selanjutnya, jika anda ditanya melalui apa Anda mengenal Rabb Anda. Maka hendaklah Anda jawab melalui tanda-tanda kekuasaan-Nya dan melalui ciptaan-Nya. Di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari, dan bulan. Sedang di antara ciptaan-Nya ialah tujuh langit dan tujuh bumi beserta segala makhluk yang ada di langit dan di bumi serta yang ada di antara keduanya. Dan dalilnya firman Allah Ta’ala :

وَمِنْ آيَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ ۚ لَا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari, dan bulan. Janganlah kalian bersujud kepada matahari dan janganlah (pula kalian bersujud) kepada bulan, tetapi bersujudlah kepada Allah yang menciptakannya, jika kalian benar-benar hanya kepada-Nya lah beribadah” (QS. Fushshilat: 37).

Dan firman-Nya Ta’ala:

إِنَّ رَبَّكُمُ اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَىٰ عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ ۗ أَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْأَمْرُ ۗ تَبَارَكَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ

Sesungguhnya Tuhan kalian ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia berada di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang, senantiasa mengikutinya dengan cepat. Dan Dia (ciptakan pula) matahari dan bulan serta bintang-bintang, (semuanya) tunduk kepada perintah-Nya. Ketahuilah hanya hak Allah mencipta dan memerintah itu. Maha Suci Allah Tuhan semesta alam” (QS. Al-A’raaf : 54).

Kesimpulan Dalil

Surat Fushshilat: 37 dan QS. Al-A’raaf: 54 menunjukkan keberadaan Allah dan bahwa Allah lah satu-satunya Rabbul ‘alamin, Dia lah Sang Pencipta, Sang Pemilik, dan Sang Pengatur malam, siang, matahari, bulan, bintang, langit dan bumi.

Dengan demikian, mengenal Ar-Rabb (Allah) dapat melalui tanda-tanda kekuasaan-Nya dan melalui ciptaan-Nya.

Penjelasan Dalil

Allah Ta’ala menyebutkan dalam surat Fushshilat: 37 bahwa di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari, dan bulan. Yang dimaksud tanda-tanda kekuasaan-Nya di sini adalah tanda-tanda yang menunjukkan keberadaan Allah dan Keesaan-Nya dalam Rububiyyah-Nya dan Uluhiyyah-Nya. Sedangkan dalam surat QS. Al-A’raaf: 54, Allah Ta’ala menyebutkan bahwa hanya Dialah Sang Pencipta langit, bumi, matahari, bulan, bintang dan bahwa hanya Dia-lah Rabbul ‘alamin.

Dengan demikian, benarlah apa yang dijelaskan penulis kitab Tsalatsatul Ushul di atas, ketika menyebutkan melalui apa Anda mengenal Rabbmu? Maka hendaklah Anda jawab melalui tanda-tanda kekuasaan-Nya dan melalui ciptaan-Nya.

***

[bersambung]

Penulis: Ust Sa’id Abu Ukasyah

Artikel Muslim.or.id

Sumber: https://muslim.or.id/27899-tsalatsatul-ushul-6-tanda-bahwa-allah-adalah-rabb-alam-semesta.html

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here