Home Artikel Kajian Tsalatsatul Ushul (5) : Allah Adalah Rabb Semesta Alam

Tsalatsatul Ushul (5) : Allah Adalah Rabb Semesta Alam

93
0
SHARE

Apabila Anda ditanya siapakah Rabb Anda1? Maka katakanlah Rabbku adalah Allah yang telah memelihara diriku dan memelihara semesta alam ini dengan segala ni’mat-Nya. Dialah sembahanku, tiada bagiku sesembahan yang benar selain Dia.

Allah Ta’ala berfirman,

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Segala puji hanya milik Allah Pemelihara semesta alam” (QS. Al-Faatihah: 1).

Semua yang ada selain Allah disebut alam (makhluk), dan aku adalah bagian dari semesta alam ini.

Kesimpulan Dalil

Allah adalah satu-satunya Rabb alam semesta/makhluk. Hanya Allah lah Sang Pencipta, Sang Pemilik, Sang Pemberi rezeki, dan Sang Pengatur alam semesta/makhluk.

Penjelasan Dalil

Mengapa dapat disimpulkan bahwa Allah adalah satu-satunya Rabb alam semesta? Hal ini karena pada ayat yang agung ini, Allah menyebutkan bahwa diri-Nya adalah Rabbul ‘aalamin.

Cakupan makna Ar-Rabb

Ar-Rabb adalah salah satu dari nama Allah yang menunjukkan makna yang luas, tidak hanya menunjukkan kepada satu makna saja. Syaikh Abdur Razzaq Al-Badr hafizhahullah dalam kitabnya Fiqhul Asmaa’ Al-Husna menjelaskan bahwa makna Ar-Rab adalah Pemilik Rububiyyah atas seluruh makhluk-Nya, dari sisi penciptaan, kepemilikan, kekuasaan memperlakukan (alam semesta), dan pengaturan. Beliau juga menjelaskan bahwa jika nama Ar-Rab disendirikan penyebutannya, maka mencakup semua nama Allah yang terindah dan sifat-Nya yang paling mulia.

Imam Ibnul Qayyim rahimahullah menjelaskan bahwa nama Ar-Rab adalah Yang Maha Berkuasa, Yang Maha Mencipta, Yang Maha Mengadakan, Yang Maha Membentuk (makhluk), Yang Maha hidup, Yang Maha Berdiri sendiri dan Menegakkan (selain-Nya), Yang Maha Mengetahui, Yang Maha Mendengar, Yang Maha Melihat, Yang Maha Berbuat kebaikan, Yang Maha Memberi ni’mat, Yang Maha Dermawan, Yang Maha Memberi dan Yang Maha Mencegah, Yang Mendatangkan Kemanfaatan dan Kemudharatan, Yang Maha Mengawalkan dan Mengakhirkan, Yang Menyesatkan siapa yang Dia Kehendaki dan Memberi hidayah kepada siapa yang Dia Kehendaki, Yang Membahagiakan siapa saja yang Dia Kehendaki dan Menyengsarakan siapa saja yang Dia kehendaki, Memuliakan dan Menghinakan siapa yang Dia Kehendaki dan makna Rububiyyah yang lain. Dari makna Rububiyyah tersebut, terdapat nama-nama terindah yang berhak disandang oleh-Nya.

***

[bersambung]

Penulis: Ust. Sa’id Abu Ukasyah

Artikel Muslim.or.id

____

  1. Ar-Rabb adalah Sang Pencipta, Sang Pemilik, Sang Pemberi rezeki dan Sang Pengatur alam semesta/makhluk, sebagaimana dalam catatan setelah ini, in sya Allah 

Sumber: https://muslim.or.id/27879-tsalatsatul-ushul-5-allah-adalah-rabb-semesta-alam.html

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here